Eksplorasi Konsep Modul 2.3 Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching

Lokakarya 3 PGP Angkatan 9




Assalamualaikum... Salam bahagia sahabat digital.

Kembali lagi dengan saya Nita, saat ini sedang mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak di Angkatan 9. 

Saya akan melakukan refleksi dan menuliskan pengalaman berada di 3 situasi, yaitu : 
1. Asumsi
2. Melabel
3. Asosiasi

1. Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang lain kemudian Anda merasa di-label/ dinilai oleh orang tersebut.
Apa yang Anda rasakan pada saat mendengar hal itu?
Saat saya mengetahui orang melabeli saya, awalnya mungkin saya akan merasa kesal karena menurut saya, saya tidak seperti itu. 

Apa yang Anda lakukan setelah mendengarnya?
Setelah mengetahui penilaian orang lain, maka saya akan introspeksi diri dan merenungi apa yang orang lain pikirkan tentang diri saya. Kemudian memperbaiki hal yang saya rasa harus diperbaiki dari penilaian orang tersebut
.

2. Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang lain kemudian Anda merasa/ berpikir kalau orang tersebut salah mengartikan apa yang Anda sampaikan tanpa mengonfirmasinya terlebih dahulu.
Apa yang Anda rasakan  pada saat mendengar hal itu?

Saya merasa tidak nyaman dengan hal itu, karena bisa menimbulkan kesalahpahaman dan membuat hubungan saya dengan orang tersebut menjadi tidak baik.

Apa yang Anda lakukan setelah mendengarkannya?
Saya coba menjelaskan apa yang saya maksudkan agar tidak menyinggung orang tersebut dan memperbaiki ucapan saya.

3. Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang kemudian orang tersebut balik bercerita tentang pengalamannya/ menasehati atau memberi saran berdasarkan pengalaman dia, tanpa Anda minta.


Apa yang Anda rasakan pada saat mendengar hal itu?
Saya merasa tidak nyaman dengan yang dia lakukan, karena situasinya saya yang ingin didengarkan.

Apa yang Anda lakukan setelah mendengarkannya?
Saya mencoba memahami apa yang sedang diutarakan oleh orang tersebut, walaupun saya tidak suka dengan caranya.

Demikian yang dapat saya tuliskan kali ini. Terimakasih.

3. Tuliskan pengalaman Anda pada saat berbicara dengan orang lain kemudian orang tersebut balik bercerita tentang pengalamannya/ menasehati atau memberi saran berdasarkan pengalaman dia, tanpa Anda minta.

Apa yang Anda rasakan saat mendengar hal itu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai- Nilai Kebajikan Sebagai Seorang Pemimpin

Strategi Menangkal Hoax bersama Heni Mulyati, M.Pd