Belajar Menjadi Trainer

    



Selamat pagi sahabat digital.... Sudah lama sekali saya baru menulis lagi. Keinginan untuk menuangkan apa yang sudah saya lakukan sudah lama, tetapi untuk memulainya bingung dari mana. 

Pagi ini saya ingin bercerita tentang pengalaman saya pertama kali menjadi Trainer atau fasilitator. Walau baru di tingkat sekolah sendiri, ada kebanggaan bisa berbagi ilmu pada banyak orang. 

Pekan lalu saya mengikuti Bimtek TIK yang diselenggarakan oleh Kemdikbud kepada para guru yang Sekolahnya mendapatkan bantuan chromebook. Pada Bimtek tersebut diajarkan bagaimana cara menggunakan chromebook, yang merupakan perangkat baru untuk digunakan siswa di sekolah mengerjakan ujian ANBK. Saya mengikuti bimtek tersebut selama 3 hari. Ada cerita seru pada saat Bimtek tersebut yang pada saat itu ingin saya tuliskan disini, tapi karena terlalu lelah dan "agak sakit" jadi lupa untuk menuliskan kegiatan tersebut disini.


Peserta Bimtek TIK 


Setelah selesai Bimtek tersebut lalu saya melakukan pengimbasan kepada rekan sejawat yang ada di sekolah saya. Sebelum mengajarkan kepada siswa peserta ujian ANBK, maka gurunya harus bisa terlebih dahulu mengoperasikan perangkatnya. Rekan guru di sekolah sangat antusias mengikuti pengimbasan yang saya lakukan. Sayapun lebih lagi, karena ini pertama kalinya saya berperan sebagai fasilitator. Dan Chromebook ini nantinya akan dipinjamkan kepada beberapa rekan guru yang lain, maka dari itu mereka harus paham bagaimana cara penggunaan perangkat ini. 




Pengimbasan ini dilakukan selama satu hari, sehingga siswa di sekolah belajar secara daring. Demikian tulisan saya pagi ini. Salam sehat untuk kita semua....

Bekasi

Nita Widya


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Eksplorasi Konsep Modul 2.3 Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai- Nilai Kebajikan Sebagai Seorang Pemimpin

Strategi Menangkal Hoax bersama Heni Mulyati, M.Pd