"Yuuk Kelola Jejak Digital yang Baik " bersama Bapak Dedi Dwitagama

  


  Selamat malam, kembali lagi dalam tulisan saya kali ini. Ini adalah tugas resume kedua saya dalam program pelatihan Guru Motivator Literasi Digital (GMLD) yang dilaksanakan melalui Whatsapp Grup pada pukul 16.00 sore tadi. Pagi tadi saya sudah menuliskan sekilas tentang pemateri pelatihan kali ini, beliau adalah seorang guru Matematika di SMK dan pernah menjabat sebagai kepala sekolah. Tidak hanya itu, beliau juga aktif menjadi pembicara dalam seminar ataupun workshop.

    Pelatihan dibuka oleh ibu Helwiyah selaku moderator, dimulai dengan pembacaan doa agar acara dapat berlangsung dengan baik. Kemudian Pak Dedi selaku pemateri membagikan foto-foto beliau yang berupa blog, instagram, Youtube, dll dan itu adalah jejak digital beliau sebagai seorang guru sekaligus motivator. Beliau juga menanyakan kepada peserta Guru atau dosen mana yang paling berkesan dalam hidup para peserta pelatihan. Peserta banyak yang menuliskan tentang guru ataupun dosen yang berkesan selama menjadi murid atau mahasiswa. Tetapi ketika Pak Dedi membagikan foto-foto tidak ada satupun dari guru atau dosen yang diceritakan oleh peserta pelatihan ada pada gambar yang dibagikan. Ini dikarenakan para guru dan dosen tersebut tidak memiliki jejak digital. 

    Jejak digital adalah sesuatu yang tidak mudah hilang dan bisa menjadi hal yang disalah gunakan oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi sekarang media sosial banyak digunakan oleh hampir semua orang di dunia ini, dari anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa. Apapun bisa dibagikan oleh siapa saja ke media sosial. Oleh karena itu mulai sekarang sebagai seorang guru kita mampu memilah apa saja yang kita bagikan di media sosial yang kita miliki. Agar kita dapat meninggalkan jejak digital yang baik. Bagaimana dengan kita? Ingin dikenang seperti apa ketika nanti sudah tidak ada lagi di dunia ini. Semoga dengan adanya blog ini, orang lain dapat mengenang saya dengan cara yang baik.

    Dengan menulis saya harap saya dapat meninggalkan jejak digital yang baik. Kegiatan - kegiatan saya dalam meningkatkan Profesionalisme saya sebagai seorang guru mulai sekarang akan saya tuliskan dalam blog ini. Sehingga suatu hari nanti anak cucu saya, keluarga dan orang-orang yang mengenal saya dapat mengetahui apa saja hal baik yang telah saya lakukan. 

    Terima kasih Pak Dedi yang telah menginspirasi saya untuk terus belajar.  Terima kasih Bu helwiyah yang telah memoderatori pelatihan kali ini. Terima kasih juga Omjay yang terus menyemangati kami untuk terus menulis. Semoga guru Indonesia semakin Maju dan Menginspirasi banyak orang. 

Bekasi, 

Nita Widya

Komentar

  1. Setuju ibu, kita semangat mulai menulis meninggalkan jejak digital yang baik untuk semua

    BalasHapus
  2. MANTAP BU NITA.


    TERIMA KASIH SUDAH BUAT RESUME DENGAN BAIK. SEMOGA JADI BUKU.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai- Nilai Kebajikan Sebagai Seorang Pemimpin

Eksplorasi Konsep Modul 2.3 Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching

Strategi Menangkal Hoax bersama Heni Mulyati, M.Pd